praktik

The Avindex’s: Wadah Sejuta Impian

Gelora semangat terpancar dari sosok-sosok muda itu. Sikap optimis bergelayut di tengah rasa ingin tahu yang tinggi. Seperti itulah personil ‘The Avindex’s’, komunitas belajar SMK Swasta Medan Area-1.

Terbentuk sejak awal tahun ajaran baru, membuat tiap personil begitu bersemangat meraih impian. “Kami punya segudang rencana dengan tim ini,” kata Afifudin SKom, pembimbing The Avindex’s, didampingi Kepala SMK Swasta Medan Area-1, Drs Jasa Sembiring, dan Waka Bid Kurikulum, Juliana SPd SE MM.

“Selain memperdalam ilmu di bidang ICT (Information Communication Technology), juga sebagai pembekalan bagi siswa,” kata pria yang akrab disapa Afin itu.

Menurutnya, pada masa mendatang, komunitas ini diproyeksikan mampu mendalami materi ICT lain seperti, web programmer, fotografi, dan broadcast.

Apalagi, menurut Afin, SMK Swasta Medan Area-1 akan bekerja sama dengan STMIK-AMIK Logika, melalui unitnya: Fosgika (Forum Open Study Logika) binaan Iman Muhammad SE SKom MM MKes dan Raudhah SE SKom MKom selaku dosen di perguruan tinggi itu.

Dengan adanya kerjasama ini, membuat personil The Avindex’s lebih matang. “Kami berharap, komunitas ini mampu menurunkan ilmunya kepada teman sekelas, hingga kompetensi segenap siswa SMK Swasta Medan Area-1 bisa tercapai,” ujar Afin.

Mengetahui potensi komunitas ini, membuat personil The Avindex’s semakin giat. “Saya ingin memperluas ilmu melalui kegiatan pembelajaran di tim ini,” kata M Chairul Fikriansyah, yang kebagian tugas mendisain gambar untuk web bersama dengan Zulkarnaen Siregar.

Lain hal nya dengan Ade Ryanda Syahputra. Bersama temannya Ido Putra Hadomuan Saragih dan Viery Rahmadi Putra, mereka memperdalam ilmu sebagai pemeliharaan hardware. “Saya jadi semakin paham dengan materi belajar, utamanya tentang jaringan akses point,” kata Ade.

Sementara itu, personil The Avindex’s lain juga mengungkap hal serupa. Bambang Sumantri, yang juga Ketua OSIS ini misalnya. “Saya bisa mendapat ilmu tentang web lebih banyak di tim ini,” ucapnya. “Meskipun waktu belajar nambah, tapi untuk kegiatan yang positif nggak apa-apa. Orangtua sangat mendukung,” lanjut Bambang.

Masih menurut Bambang, dirinya saat ini sudah bisa membuatkan blog gratis kepada teman-temannya. “Blog itu bagus untuk kreatifitas. Teman-teman banyak yang minta dibikinin. Karena itu, saya dipercaya sebagai admin situs sekolah smk1medanarea.sch.id,” kata Bambang bangga.

Komunitas anak muda itu tak selalu jelek konotasinya. The Avindex’s membuktikan lain. Mereka punya seribu cara untuk sukses dan meraih impian. Yang jelas, mereka ingin maju bersama SMK Swasta Medan Area-1. (sap)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>