Di Depan rumah bung Hatta

Team Building Keluarga Besar SMK Swasta Medan Area-1 (Bagian 2)

Napak Tilas Jejak Bung Hatta Hingga Mengagumi Megahnya Istana

Malam menjelang larut ketika rombongan itu beranjak.  Sesuai jadwal, Keluarga Besar SMK Swasta Medan Area-1 ini akan menuju ke Bukittinggi. Daerah wisata berjuluk ‘Saayun Salangkah’ di Provinsi Sumatera Barat itu. Ada banyak objek wisata yang akan dikunjungi rombongan. Salah satunya rumah kelahiran tokoh proklamator, Bung Hatta.

Rumah ini terletak di Jalan Soekarno-Hatta No 37 Bukittinggi, Sumatera Barat. Bung Hatta dilahirkan, dan tinggal disitu, sampai beliau berusia 11 tahun.

Sebagian dinding rumah ini terbuat dari anyaman bambu. Di rumah itu, terdapat foto Saleha, Ibunda Bung Hatta. Juga dua orang paman Bung Hatta, Mamak Idris dan Mamak Saleh, yang  menempel pada dinding rumah. Di sepanjang dinding kayu Rumah Kelahiran Bung Hatta terdapat banyak foto-foto dokumentasi tentang Bung Hatta, keluarga dan orang-orang terdekatnya.

Pada bagian lain dinding rumah ini, juga terdapat bagan silsilah keluarga Bung Hatta. Baik dari pihak Ibu maupun dari pihak ayahnya. Ada pula dokumentasi foto Syekh Djamil Djambek yang menjadi guru agama bagi Bung Hatta.

singkarak

singkarak1

Puas bernapak tilas di Rumah Kelahiran Bung Hatta, rombongan Keluarga Besar SMK Swasta Medan Area-1 membangun kebersamaan di daerah wisata lain. Diantaranya mengunjungi Istana Pagaruyung di Batu Sangkar, Danau Singkarak, juga Gua Jepang. (sap)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>