cover prakerin telokm

Siswa SMK Swasta Medan Area-1 Tangani Perangkat Vital di Telkom

Kemampuan siswa SMK Medan Area-1 benar-benar teruji. Di PT Telkom, sejumlah siswa yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin), dipercaya melaksakana tugas-tugas penting pada perangkat yang dianggap vital. Sebuah kesempatan yang tidak diperoleh siswa dari SMK lain.

Dari 12 orang siswa-siswi yang Prakerin di STO Telkom Cinta Damai, 6 di antaranya mendapat tugas di ruang MDF. “Ruangan ini steril. Tidak sembarang orang yang bisa keluar masuk di situ,” ujar Afif Fudin SKom, Ketua Program Multimedia, yang juga guru pembimbing siswa-siswi tersebut.

Pada ruang MDF ini, terdapat terminasi kabel, yang menghubungkan kabel saluran pelanggan dari sentral telepon menuju ke terminal pelanggan.

“Siswa biasanya akan mendapat arahan dari petugas di lapangan tentang problem koneksi yang terjadi,” lanjut guru yang akrab disapa Afin ini. “Nah, dari perintah itu, mereka akan melakukan jumper terhadap terminal-terminal tadi. Sehingga koneksi jaringan bisa diperbaiki,” jelas Afin.

Yang lebih menggembirakan, petugas lapangan PT Telkom, juga diback up oleh 6 orang siswa-siswi SMK Swasta Medan Area-1 yang sedang Prakerin. Sehingga siswa sudah paham betul, dengan problem koneksi yang biasanya terjadi pada jaringan Telkom.

inside telokm

“Sungguh ini suatu kesempatan istimewa. Dan ini hanya dilakukan oleh siswa-siswi SMK Swasta Medan Area-1, bukan yang lain,” tutup Afin. (sap)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>